Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prakarya Kerajinan Tangan Membuat Naga Mini di Tahun Baru

Prakarya Kerajinan Tangan Membuat Naga Mini di Tahun BaruRagamKerajinan Tangan. Demi menyambut tahun baru biasanya banyak di antara kita yang ingin merayakanya dengan berbagai cara dari yang sederhana di rumah sampai seru-seruan bareng temen-temen. Untuk yang merayakan tahun baru di luar rumah bersama teman atau keluarga biasanya pergi ke pusat kota baik itu Mall atau alun-alun kota nah seru-seruanya biasanya dengan petasan, kembang api dan meniup terompet saat pas jam 00:00 pergantian tahun.



Namun bagi anda yang ingin menikmati pergantian tahun di rumah dan bersama anak-anak anda mungkin bisa mencoba dengan membuat beragam kreasi unik mulai dari terompet, topi seperti di artikel sebelumnya Membuat Topi Tahun Baru bahkan ular naga yang biasanya ada di saat tahun baru China. 

Dengan membuat kreasi sendiri sebagai orang tua bisa mengajarkan pada anaknya berkreatifitas tanpa harus selalu membeli apa yang  di inginkan.

Nah untuk menambah keseruan tahun baru bersama keluarga tercinta anda Pada artikel kali ini akan membahas tentang membuat ular naga yang biasanya ada pada tahun baru China degan menggunakan bahan gelas plastic sisa minuman. Bagai mana proses pembuatanya yuks simak lengkapnya proses dan bahan yang harus di siapkan apa saja :

Prakarya Kerajinan Tangan Membuat Naga Mini di Tahun Baru

Alat dan Bahan Yang di Butuhkan :

  • Gelas plastik
  • Gunting
  • Kertas berwarna
  • Pita
  • Lem
  • Kuas
  • Jarum
  • Mata untuk Boneka (biasanya tersedia di took buku)
  • Potongan kertas berwarna seperti glitter


Bagaimana langkah dan proses pembuatanya :


Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa gelas plastic lalu susun membuat beberapa bentuk atau game adu cepat menyusun gelas (bukan bagian dari proses membuat naga ya hehehe) tapi cukup seru di terapkan bersama anak-anak. Oia gelas yang di pakai berjumlah 12 jika anda mau membuat dengan jumlah gelas lebih banyak misalkan 100 juga di bolehkan kok berarti anda lebih sabar hehehe.



Setelah permainan menyusun gelas selesai sebagai selingan anda bisa lanjut menyiapkan kertas berwarna, biasanya untuk tahun baru china identik dengan menggunakan bahan dasar berwarna merah. Kertas ini akan di gunakan untuk melapisi gelas plastic tadi namun jika anda ingin berkreasi dengan cara lain misalanya dengan melukisnya, mengecat membari sticker ataupun cara lain juga boleh saja.



Olesi gelas plastic dengan lem yang telah di sediakan kemudian balut dengan kertas berwarna tadi biar agak tebal lapisi 2 kali ya. Agar lebih meriah lapisi lagi dengan kertas berwarna yeng telah di bentuk dan di potong-potong seperti pada gambar di atas.







Setelah proses melapisi selesai dan menurut anda sudah cukup cantik selanjutnya pada bagian bawah gelas plastic di berikan lem lagi untuk di beri Glitter sebagai penambah kesan meriah pada ular Naganya, Glitter yang di pilih berwarna Emas namun boleh juga menggunakan barwarna lain tapi karena biasanya pada ulang tahun China paduan warna yang sering di gunakan adalah merah dan gold.




Proses Glitter ini baiknya di diamkan dahulu sampai lemnya kering baru kemudian lanjut ke proses berikutnya yaitu merangkai gelas plastic dengan bantuan jarum dan pita. Lubangi bagian bawah gelas kemudian masukan pita dari satu gelas ke gelas lainya agar mudah gunakan jarum untuk memasukanya usahakan posisi lubang sama antara gelas yang satu dengan lainya ya agar hasilnya nanti bagus. Posisi gelas jangan terlalu rapat ya agar nanti bisa di gerak-gerakan.






Setelah Proses merangkai gelas selesai jangan lupa ya membuat kepalnya juga buntutnya anda bisa menghias kepalanya dengan menambahkan mata ataupun lidah yang menjulur. Pada bagian ekornya bisa anda berikan pita emas.



Tahap terakhir adalah jangan lupa memberikan sumpit pada sisi badan ular naga ini fungsi agar mudah di gerak-gerakan seperti saat bermain wayang. Agar sumpit kuat saat dimainkan dan di gerakan oleh anak-anak baiknya menggunakan lem panas atau di ikat dengan kawat, walaupun bisa juga di lem dengan lem biasa namun sepertinya kurang kuat nanti malah mudah lepas saat di mainkan.



Semua proses sudah selesai serunya adalah membuatnya bersama keluarga di rumah ada nilai dan kesan lebih untuk suatu kreasi yang kita buat sendir dibandingkan dengan selalu membeli yang telah jadi. Sekarang saatnya di mainkan seperti main wayang deh.



Bagaimana mudah bukan proses pembutan ular naganya. Demikianlah artike dari blog Ragam Kerajinan Tangan yang pada kesempatan kali ini membhas tentang Membuat Naga di Tahun Baru, Semoga dengan membaca artike ini dapat menambah wawasan dan kreatifitas anda. Selamat Mencoba.



 Referensi Pic  : alphamom(dot)com






                

Posting Komentar untuk "Prakarya Kerajinan Tangan Membuat Naga Mini di Tahun Baru"